Cara Alami Menurunkan Kadar Koletsterol LDL dan Menaikkan HDL


Barusan saya melakukan cek darah untuk mengetahui kadar kolesterol atas saran Dokter, betul hasil laboratorium menyatakan kadar kolesterol total saya naik dibandingkan hasil medical check-up sebelumnya, namun masih di dalam ambang batas normal, sedangkan kadar LDL juga mengalami kenaikan, alhamdulillah belum masuk ke batas tinggi.

Koleaterol adalah zat berwarna putih seperti lilin yang ditemukan pada lemak (lipid) darah. Koleaterol dalam tingkatan normal sangat bermanfaat untuk pembentukan membran sel, vitamin D, asam empedu, dan berbagai hormon tertentu. Namun jika kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit vaskular periferal, juga dapat memicu diabetes dan tekanan darah tinggi.

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL - Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL - High-density lipoprotein) yang biasa disebut dengan kolesterol baik.

Gym

LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan. Namun jika jumlah kolesterol tersebut melebihi kebutuhan, maka dapat mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Di lain sisi, HDL, sebagai kebalikan dari LDL, bertugas mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Gym

Berdasarkan data yang saya dapat dari laboratorium untuk kolesterol HDL dikatakan bagus jika lebih dari 40 ml/dL, sedangkan kadar kolesterol LDL dbagi dalam 4 kategori yaitu
  • Optimal : < 100 ml/dL
  • Mendekati Optimal : 100 - 129 ml/dL
  • Batas Tinggi : 130 - 159 ml/dL
  • Tinggi : 160 - 189 ml/dL
  • Sangat Tinngi : >=190 ml/dL
Untuk itu agar kadar kolesterol tetap normal, maka langkah yang utama adalah menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kadar kolesterol HDL. Penggunaan obat-obatan sebisa mungkin untuk dihindari, lebih baik menggunakan cara yang alami. Hasil dari konsultasi saya ke Dokter dan browsing dari berbagai sumber, cara alami untuk menjaga kolesterol agar tetap normal adalah
  1. Menjaga pola makan sehat.
  2. Olah raga teratur.
  3. Menjaga berat badan.
Lunch Meeting

Menjaga pola makan sehat ini adalah tantangan yang utama, terutama bagi saya karena sering melakukan lunch meeting dengan mitra kerja, yang saya dapat lakukan adalah saya sebisa mungkin menghindari makananan yang berlemak tinggi dan sedikit makan nasi.

Bukan berarti kita tidak boleh makan makanan yang berlemak tinggi yaitu daging, jeroan, kuning telur dan susu, tetap boleh asal dibatasi dan dalam takaran sedikit. Perbanyak juga makan makanan yang berserat larut yaitu gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

Bersepeda

Selain itu minum teh juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL, terutama teh hijau. Teh memiliki kandungan antioksidan dan jumlah kafeinnya lebih sedikit dari kopi. Untuk susu pilihlah susu whey protein. Penelitian telah menunjukkan bahwa protein whey yang diberikan sebagai suplemen bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.

Namun menjaga pola makan sehat saja tidak cukup, perlu juga rutin melakukan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Mengapa olahraga penting untuk menjaga kolesterol, karena olahraga ternyata bisa meningkatkan kolesterol HDL di dalam tubuh. Setidaknya luangkan waktu 30 menit untuk olahraga dalam satu hari, bisa dengan berjalan santai usai makan siang, bersepeda, berenang, atau memainkan olahraga favorit seperti tenis dll.

Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga berat badan yang ideal adalah sangat penting. Kurangi berat badan, jika kita memiliki kelebihan berat badan. Berat badan yang berlebih akan memengaruhi kadar HDL dalam darah. Faktanya, jika berat badan kita lebih dari normal, menurunkan sedikit berat badan bisa meningkatkan kadar HDL, karena setiap 3 kg berat badan yang berkurang, kadar HDL dapat meningkat sebanyak 1 mg/dL.

Bermain Tenis Lapangan

Standar untuk mengetahui kita kelebihan berat badan atau tidak adalah BMI (Body Mass Index). BMI sering digunakan dokter untuk menilai seseorang itu mengalami obesitas atau tidak. Rumus BMI adalah berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan tinggi badan kuadrat (dalam meter), atau disingkat BMI = BB/TB2.

Jika BMI dibawah 18,5 maka dikatakan berat badan kita kurang, dikatakan normal jika BMI antara 18,5 - 24,9, Overweight jika 25,0 - 29,9 dan mengalami obesitas jika BMI sama dengan atau lebih besar 30.

Cara alami untuk menjaga kadar kolesterol nomal tersebut mudah untuk diucapkan tapi perlu perjuangan untuk dilaksanakan :-). Kalau kita terus berusaha, konsisten dan pantang menyerah isyaallah bisa.


Comments