Makkah Clock Royal Tower - Bangunan Tertinggi Kedua di Dunia


Berbeda dari tahun 2008 lalu ketika saya melaksanakan Ibadah Haji, kami berdua tinggal di Hotel Grand Zamzam yang tepat berada di depan Gate King Abdul Azis Masjidil Haram, ketika itu Makkah Clock Royal Tower masih dalam proses pembangunan. Alhamdulillah Desember 2016 lalu ketika kami berempat melaksanakan ibadah Umroh dapat melihat langsung Menara Jam Raksasa tersebut

Tower dengan ketinggian 601 meter tersebut merupakan merupakan bangunan menara jam terbesar di dunia, bahkan mengalahkan "Big Ben" di London, serta bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj al Khalifa, Dubai yang berketinggian 828 m dan melewati Taipei 101 Tower di Taiwan, yang mempunyai ketinggian 508 m.

Makkah Clock Royal Tower di Malam Hari

Dari informasi yang terdapat di wikipedia, bentuk menara jam ini sangat mirip dengan menara jam raksasa Big Ben di London, tetapi ukurannya lebih besar 3 kali lipat. Jam pada menara tersebut pada malam hari akan berwarna hijau bisa dilihat dari jarak 17 km, sedangkan pada siang hari akan berwarna putih dan masih bisa dilihat dari jarak 12 km.

Makkah Clock Royal Tower di Siang Hari

Dua juta lampu LED dibawah jam dinyalakan lima kali sehari sebagai pertanda waktu shalat. Lampu ini bisa terlihat terangnya sampai 28 kilometer. Setiap bagian bawah dari semua sisi jam (ada 4 sisi) bertuliskan tulisan Arab yang bermakna kaligrafi, shalawat, dan kalimat dalam bahasa Arab. Dan, pada atap menara terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang bertuliskan الله yang berartikan Allah.


Comments