Merasakan Langsung Masuk ke Dalam Tunnel DMZ Korea Selatan dan Utara


Alhamdulillah, akhir-akhir ini hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara menunjukan ke arah yang membaik, saya teringat sekitar 3 tahun lalu, saya sempat mengunjungi Demilitarized Zone (DMZ) di Korea Selatan.

DMZ Korea - source wikipedia

Saya waktu itu ikut salah satu Travel di Seoul yang memang melayani rute ke DMZ tersebut. Cukup ketat aturannya, kita harus menyerahkan paspor untuk registrasi. Perjalanan ke sana ditempuh sekitar 2 jam menggunakan Bis dari Seoul.

Imjingak Park

Setelah berakhirnya Perang Korea di tahun 1953, Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) sepakat untuk membagi wilayah mereka menjadi dua dengan batas yang disebut Demilitarized Zone (DMZ). DMZ memiliki panjang DMZ sekitar 250 kilometer dengan lebar kurang lebih 4 km.

Bridge of Freedom

Ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi di DMZ yaitu yang pertama Imjingak Park. Imjingak Park berupa taman memorial yang berisi patung-patung dan tugu-tugu peringatan dari zaman Perang Korea. Taman ini dibuat untuk mengenang peristiwa pemisahan Korea menjadi selatan dan utara.

Dora Observatory di kawasan DMZ

Yang kedua adalah Bridge of Freedom yang pada masa Perang Korea digunakan sebagai jembatan tempat dilaluinya para tawanan perang dan tentara yang kembali dari Korut. Di DMZ kita juga bisa melihat Stasiun Dorasan yang merupakan stasiun kereta api terujung penghubung Korsel dan Korut.

Stasiun Dorasan

Setelah mengunjungi ketiga tempat tersebut, saya ikut masuk ke Tunnel (Terowongan Dalam Tanah). Ada 4 tunnel (terowongan dalam tanah) yang ditemukan. Saya waktu itu masuk ke Tunnel yang ketiga di Paju.


Ukuran tunnel-nya cukup kecil sekitar 2x2 m2, dengan kedalamannya mencapai 75 meter di bawah permukaan tanah, udaranya sangat lembab dan pengab. Tunnel ini merupakan terowongan infiltrasi yang dibangun pasukan Korea Utara untuk menyusup dan menginvasi Korea Selatan. Tunnel ketiga ini merupakan tunnel terpanjang dibandingkan yang lainnya, panjangnya sekitar 1,63 km.


Dalam waktu satu jam , tunnel tersebut bisa dipenuhi sekitar 30.000 tentara Korut. Di titik terujung terowongan terdapat lubang persegi empat . Di lubang ini bisa terlihat wilayah Korea Utara yang jaraknya hanya 170 meter.


Bagi yang tidak berani masuk ke Tunnel, juga tersedia teropong yang bisa digunakan untuk melihat aktifitas yang ada di Korea Utara.


Comments

  1. Aura bekas perangnya brasa banget ya pak ketika melihat di video ini, apalagi merasakannya langsung. Pengalaman yg tak terlupakan pastinya :)

    ReplyDelete

Post a Comment