Mudik ke Kendal Melalui Tol Fungsional Pemalang - Batang - Semarang


Tadi pagi kami sekeluarga pulang mudik ke Kendal menggunakan mobil pribadi. Berangkat sekitar jam 6 pagi dari Kota Wisata Cibubur melalui Pintu Tol Jatiasih Tol Lingkar Luar Jakarta. Ketika akan masuk ke Tol Cikampek, kondisi padat merayap.

Kondisi padat merayap tersebut sampai di KM 39, selepas itu lancar jaya, setelah masuk gerbang Tol Cipali jalanan padat merayap lagi, kondisi tersebut tidak berlangsung lama, alhamdulillah sampai pintu gerbang tol fungsional di Pemalang jalanan relatif lancar.

Rest Area

Tempat Pengisian BBM

Memasuki Tol Fungsional Pemalang - Batang - Semarang kondisinya relatif lancar namun kecepatannya rata-rata hanya 50 km per jam karena memang jalan belum begitu mulus dan agak bergelombang.

Jalan Tol Fungsional Relatif Lancar

Kita tidak perlu kawatir melalui jalan tol fungsional tersebut, karena banyak dijaga oleh petugas serta tersedia rest area yang memadai termasuk pengisian BBM.

Petunjuk Arah Keluar Tol Gringsing Sebelum Jembatan Kalikuto

Kondisi Jalan Exit Tol Gringsing

Kami keluar tol sebelum Jembatan Kalikuto di perbatasan Gringsing dan Weleri. Antrian cukup panjang juga sekitar 3 km, hal ini disebabkan karena penyempitan jalan keluar serta kondisi jalan yang belum di beton ataupun aspal.



Alhamdulillah perjalanan di Jalan Raya Pantura dari Gringsing ke Kendal lancar tanpa adanya kemacetan. Kami sampai di rumah sekitar jam 3 sore, sehingga secara total waktu tempuh dari Cibubur ke Kendal kurang lebih 9 jam, lumayan cepat dibandingkan mudik pada tahun-tahun sebelumnya.


Comments