Berjalan di atas Sungai di Desa Zaanse Schans Belanda


Cuaca sangat dingin ketika kami sampai di sebuah desa yang diberi nama Zaanse Schans yang terletak kurang lebih 15 km di sebelah utara Kota Amsterdam, begitu dinginnya sehingga air sungai membeku, yang pasti suhunya di bawah nol derajat celcius.

Saya lihat banyak orang tua dan anak-anak bermain di atas sungai yang membeku tersebut, tak ketinggalan anak dan istri saya ikutan main di atas sungai.

Bermain di atas sungai yang membeku

Pemandangan Zaanse Schans sangat indah dan menawan, kita bisa lihat kincir angin tua di pinggiran sungai Zaan, rumah-rumah tradisional, toko-toko souvenir dan museum.

Di depan pabrik sepatu kayu

Proses pembuatan sepatu kayu

Di desa ini terdapat pabrik sepatu kayu, kita bisa melihat langsung proses pembuatannya, termasuk pembuatan keju Belanda yang terkenal tersebut.

Pemandangan indah dengan background sungai dan kincir angin

Bisa dikatakan Zaanse Schans merupakan replika desa di Belanda pada akhir abad ke-19. Banyak dari bangunan di Zaanse Schans yang masih asli. Zaanse Schans bisa dikunjungi tanpa tiket masuk alias gratis.



Sambil menahan udara dingin yang menusuk, kami berjalan menyusuri Zaanse Schans, tidak semua tempat kami datangi karena begitu luasnya.



Bila kita capek setelah berjam - jam mengitari Zaanse Schans, kita bisa beristirahat di coffee shops dan restoran yang menyediakan minuman dan makanan termasuk supermarket yang terletak di dekat tempat parkir.


Comments