Cerita Pengalaman Pemilu 2019 Menjadi Ketua KPPS 76 Ciangsana Bogor


Alhamdulillah tanggal 17 April 2019 pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Propinsi serta DPRD Kabupaten di TPS 76 Ciangsana yag berlokasi di Cluster Amsterdam Kota Wisata berjalan dengan lancar.

Kebetulan saya diberi amanah sebagai ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) TPS 76 Ciangsana, sehingga saya harus berangkat ke TPS jam 6 pagi untuk melakukan pengecekan sebelum pelaksanaan pencoblosan.

Pengecekan Peralatan Pemilu di TPS 76 Amsterdam

Tepat pukul 7 pagi, saya mengumpulkan anggota KPPS dan meleksanakan sumpah serta berdoa. Kemudian briefing pembagian tugas masing-masing. Kotak pemilu satu per satu dibuka serta menghitung kertas suara serta mengatur peralatan pemilu.

Pengucapan Sumpah/Janji KPPS

Tim KPPS TPS 76 Amsterdam Kota Wisata Cibubur Bogor

Warga Amsterdam sudah antri dan sangat antusias untuk berpartisipasi pada pemilu saat ini, berbeda dengan yang saya rasakan pada pemilu sebelumnya, sehingga sebelum pukul satu siang, kartu suara presiden sudah habis.

Antrian di TPS 76 Amsterdam

Start pukul 13.30 WIB, kami mulai melaksanakan perhitungan suara. Kami lakukan dengan hati-hati karena ini amanah rakyat, jangan sampai salaj hitung.

Menunggu di panggil untuk masuk ke bilik suara

Tepat menjelang ashar, alhamdulillah perhitungan untuk Presiden dan Wakil Presiden selesai, sebelum dilanjutkan untuk yang DPR, kami istirahat dulu untuk melaksanakan sholat Ashar. Kemudian lanjut perhitungan kertas suara untuk DPR dan DPD.

KPPS sedang menyiapkan surat suara

Setelah break sholat magrib dan makan malam, dilanjut lagi untuk perhitungan calon legislatif DPRD tingkat propinsi dan tingkat kabupaten. Praktis sudah tidak ada lagi warga yang ikut menonton perhitungan tidak seperti pada saat perhintungan capres dan cawapres yang ramai. Malam itu tinggal kami, para saksi, security dan dari pihak kepolisian.

Bilik suara dan kotak suara

Alhamdulillah, menjelang pukul sembilan malam, perhitungan selesai semuanya, dan dilanjutkan untuk mengisi form yang cukup banyak terutma yang terpenting adalah C1, setelah semua form diisi kemudian dimasukan ke amplop dan dibungkus plastik.


Semua dokumen dimasukkan ke kotak suara, disegel  dan selanjutnya dikirimkan ke Kantor Desa Ciangsana untuk diangkut bersama ke Kantor Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Semua proses selesai jam 2 dii hari.

Meskipun melelahkan namun kami bangga, dapat memberikan sumbangsih untuk Bangsa dan Negara Indonesia meskipun dalam skala terkecil yaitu tingkat TPS.


Comments