Tips Liburan Murah di Bekasi, Dijamin Puas!

Sumber: waterboomlippocikarang.com

Saya tinggal di Kota Wisata yang masuk ke Wilayah Kabupaten Bogor, tetapi sebenarnya Kota Wisata lebih dekat ke Bekasi karena berada tepat di perbatasan antara Bekasi dan Bogor. Saya pindah ke Kota Wisata dari Surabaya pada tahun 2012, ketika di Surabaya saya sering dengar Bekasi dan namun kurang begitu tahu tempat-tempat wisatanya.

Bekasi yang masuk wilayah Jawa Barat dan juga bertetangga langsung dengan Jakarta ini sekarang sudah sangat berkembang. Lihat saja sentra bisnis dan ekonominya, tidak kalah maju dengan ibu kota. Meski tidak terlihat, nyatanya bekasi pun punya destinasi wisata yang sebenarnya sangat menawan, tidak kalah indah dengan wisata yang dimiliki kota lainnya. Kesibukan yang ada membuat sisi indah kota ini menjadi tersisihkan. Nah, berikut panduan perjalan untuk Anda yang hanya punya waktu singkat di Bekasi.

Hari 1: Mengunjungi Curug Parigi
Bersiap pagi-pagi, Curug Parigi menanti. Pasti Anda tidak menyangka kalau Bekasi juga punya wisata alam seindah ini. Lokasinya pun tidak jauh dari TPU Bantargebang. Meski ukuran curug terbilang kecil, tetapi cukup memuaskan Anda kok. Pasalnya, curug ini mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di Negara Amerika.

Sumber: sindonews.com

Menghabiskan pagi di sini tentu menjadi pilihan terbaik. Selain cuacanya yang belum terlalu terik, udaranya pun masih terbilang segar dan sejuk. Terlebih lagi dengan indahnya pemandangan di sekitar air terjun yang sangat sayang untuk dilewatkan. Decak kagum pasti tidak berhenti terdengar, bagaimana bisa ada tempat yang begitu indahnya di Bekasi.

Hari 1: Makan Siang dengan Menu Gabus Pucung
Masih di hari pertama, lepas menikmati keindahan Curug Parigi, perut tentu minta diisi. Jam makan siang tiba, saatnya mencari apa yang menjadi menu andalannya. Di kawasan SPBU Komsen, ada gerai makan Betawi Tamit Riman yang sudah tidak bisa diragukan lagi eksistensinya di dunia kuliner. Memang, tempatnya ada di dalam gang, tetapi sangat direkomendasikan untuk Anda, terlebih penyuka hidangan gabus pucung.

Sumber: selerarasa.com

Seperti namanya, kuliner satu ini dibuat dari ikan gabus dengan tambahan bumbu khas. Kuahnya berwarna hitam, rasanya sudah pasti juara. Ada pula menu lainnya, yaitu pecak lele dengan sambal kacang pedasnya yang sangat khas. Tentu saja, soal rasa sudah pasti tidak ada yang bisa menandinginya.

Hari 1: Mengunjungi Masjid Al Barkah dan Kelenteng Hok Lay Kiong
Setelah perut kenyang, saatnya melanjutkan perjalanan. Destinasi berikutnya yang menjadi tujuan adalah Masjid Al Barkah dan Kelenteng Hok Lay Kiong. Dua tempat ini merupakan tempat ibadah, tetapi Anda bisa turut mengagumi keindahannya. Masjid Al Barkah dibangun sejak abad ke-19, dengan kombinasi warna hijau tua, hijau muda, dan kuning yang sangat menawan. Bangunanya mengusung konsep Arab, dengan delapan pintu dari kayu jati lengkap beserta tulisan kaligrafinya.

Sementara itu, Kelenteng Hok Lay Kiong usianya sudah lebih dari satu abad. Arsitekturnya begitu kental dengan adanya ukiran bergambar naga dan dominasi warna merah yang memang menjadi warna khas masyarakat Tionghoa. Meski usianya sudah ratusan tahun, tempat ibadah ini masih berdiri kokoh dan begitu terawat.

Hari 2: Taman Budaya Indonesia Jaya dan Waterboom Lippo Cikarang
Hari kedua dan terakhir bisa Anda manfaatkan untuk main air sejenak di Waterboom Lippo Cikarang. Tidak ada salahnya bersenang-senang sebelum pulang, sebelum kembali ke rutinitas dan pekerjaan yang terasa seperti tak berujung. Sembari berkemas, ada tujuan lain yang bisa Anda kunjungi sebelum pulang, yaitu Taman Budaya Indonesia Jaya.

Taman ini merupakan tempat penangkaran buaya yang sudah ada sejak tahun 1991, tetapi memang belum banyak dikunjungi. Ada beberapa kolam buaya yang sesuai dengan asal hewan dua alam tersebut. Selain menengok buaya, Anda juga bisa menyaksikan atraksi Jaka Tingkir yang mendebarkan dan penuh tantangan.

Namun, Anda tidak boleh lupa untuk memesan hotel di Bekasi. Tidak sulit, karena penginapan murah di Bekasi bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Airy. Tentukan lokasi hotel, pilih, dan bayar. Mudah dan tentu saja tidak ribet. Liburan pun jadi lebih nyaman.


Comments