Wisata Halal di Korea Selatan, Manjakan Muslim Dari Seluruh Penjuru Dunia


Sudah lumayan sering saya berkunjung ke Korea Selatan sejak tahun 2003, terlama saya pernah tinggal di sana selama satu bulan, selebihnya satu sampai dua minggu. Saya perhatikan dari tahun ke tahun semakin banyak pelancong dari Indonesia yang datang ke sana.

Salah satu kekhawatiran ketika liburan ke Negara non Muslim seperti Korea Selatan adalah soal makanannya. Apakah menu yang disajikan di sana halal? Kalaupun makanannya dari jenis yang bisa disantap, tapi apakah cara pengolahannya seperti syariat Islam?

Keresahan ini diketahui oleh Pemerintah Korsel dan kini mereka menyediakan wisata halal bagi umat Muslim dari seluruh dunia. Berbagai makanan khas Korea seperti Bulgogi, Bibimbap, Teoppoki, Samgyetang, Budae Jigae dan lain-lainnya bisa dinikmati wisatawan Muslim tanpa harus khawatir dengan kehalalannya.

Rumah Makan Halal di Daerah Seoul Central Mosque

Buat Anda yang ingin liburan ke sana, beberapa tempat ini bisa Anda kunjungi dan kehalalannya dijamin oleh Pemerintah Korea Selatan.

Nami Island
Di pulau ini terdapat beberapa restoran masakan Korea yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari pemerintah. Perlu Anda tahu, untuk mendapatkan sertifikat halal di Korea tidaklah mudah. Badan pengawas makanan Korsel menerapkan standar yang sangat ketat untuk makanan, termasuk makanan halal.

Patung Artis Drama Winter Sonata di Nami Island

Nah, salah satu resto yang sudah mendapatkan serifikat halal ada di Pulau Nami. Selain punya makanan halal, pulau ini juga memiliki pemandangan luar biasa indah. Nggak heran kalau Nami Island selalu jadi jujugan wisatawan Muslim yang ke Korea Selatan.

Tempat Makan dan Minum di Nami Island

Hotel Ramah Muslim
Beberapa hotel seperti Hotel Plaza dan Lotte Hotel menjadi jujugan wisatawan karena menyediakan tempat Ibadah, fasilitas ibadah dan juga makanan yang aman dikonsumsi umat Islam. Tidak sekedar menyediakan musholla, hotel-hotel ini juga menyediakan Al Quran untuk para tamu yang menginap di sana.

Seoul Central Mosque

Resto dan café yang ada di kedua hotel ini juga sangat ramah Muslim. Sehingga tamu tidak perlu bingung mencari makanan halal selama menginap di sana.

Sang Sang Gil
Kawasan wisata ini terletak di Kota Changwon, yang tak hanya memiliki pemandangan indah tapi juga berbagai makanan lezat dan halal untuk dikonsumsi. Beberapa foodstall di jalanan Sang Sang Gil sudah memiliki sertifikat halal dari Pemerintah Korsel.

Gyung Bok Palace

Makanan Ringan Halal
Sekarang tak sulit mendapatkan makanan ringan halal di Korea Selatan. Sebagian besar produsen makanan di Korsel sudah mendapatkan sertifikat halal, baik untuk produk yang dijual di dalam negeri maupun produk ekspor.

Dengan logo halal yang tertera di kemasan, Anda tak perlu ragu dengan keamanan makanan tersebut. Sekali lagi, karena proses mendapatkan sertifikat halal di Korea cukup sulit, maka tidak ada produsen makanan yang berani curang dengan label ini.

Aplikasi Halal Korea
Mencari tempat wisata halal atau makanan halal di Korea sekarang makin mudah. Dengan aplikasi Halal Korea, semuanya ada di genggaman. Dengan koneksi internet Korea Selatan yang dikenal super cepat, Anda bisa dengan mudah menemukan banyak tempat wisata halal di dekat tempat menginap atau makanan-makanan yang bisa dicicip.

Traveling di Korea

Aplikasi ini juga mempermudah Anda mencari tempat ibadah selama di Korea. Saat ini sudah ada puluhan masjid di Seoul dan kota-kota lain di Korea Selatan yang memudahkan para Muslim untuk beribadah.

Restoran Indonesia
Kangen dengan makanan Indonesia, ada banyak restoran Indonesia di Korea Selatan, yang tidak hanya melayani para pekerja dari Indonesia namun juga para turis asing. Namun makanan asli Indonesia ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, karena bahan-bahannya memang didatangkan langsung dari Indonesia. Tapi yang pasti, makanan di resto Indonesia dijamin halal dan sebagian besar penjualnya adalah orang Indonesia asli.

Liburan halal ke Korea, bisa banget kan?

Comments